Rabu, 02 Maret 2011

ARTI SEDEKAH

"Dan ALLAH senantiasa memberi pertolongan kepada hamba Nya 
Selama ia menolong saudaranya” 
(HR Muslim)

   Sebagai manusia kita tidak bisa hidup sendiri, oleh karena itu kita disebut "Makhluk Sosial". Sendi-sendi kehidupan dalam tatanan masyarakat yang beradab telah diatur oleh peraturan baik yang tertulis (Undang-undang) maupun tidak tertulis (Norma). Undang-undang / landasan Hukum lainnya tertera jelas hak dan kewajiban seseorang/badan hukum serta sangsi yang diberikan apabila melanggarnya. Sedangkan Norma mengandung hak dan kewajiban tetapi mempunyai sangsi yang tidak mengikat atau sangsi MORAL saja tergantung dari kesepakatan diantara Masyarakat itu sendiri.
   Untuk itu tolong-menolong sangat dianjurkan baik di hukum tertulis (Undang-Undang) maupun tidak tertulis (Norma). Terlebih Norma Agama telah dianjurkan bagi pemeluk-pemeluknya untuk saling menolong. Tolong menolonglah dalam Kebaikan dan Taqwa tetapi jangan Tolong-menolong dalam keburukan. 
   Bentuk tolong-menolong itu diwujudkan dengan sedekah. Implementasi dari Sedekah sendiri sesuai dengan kemampuan dari orang itu sendiri walau hanya dengan doa.  Sedekah memiliki beberapa keutamaan bagi orang yang mengamalkannya.

Pertama, mengundang datangnya rezeki.
Allah SWT berfirman dalam salah satu ayat Alquran bahwa Dia akan membalas setiap kebaikan hamba-hamba-Nya dengan 10 kebaikan. Bahkan, di ayat yang lain dinyatakan 700 kebaikan.Khalifah Ali bin Abi Thalib menyatakan, ''Pancinglah rezeki dengan sedekah.''

Kedua, sedekah dapat menolak bala.
Rasulullah SAW bersabda, ''Bersegeralah bersedekah, sebab yang namanya bala tidak pernah bisa mendahului sedekah.''

Ketiga, sedekah dapat menyembuhkan penyakit.
Rasulullah SAW menganjurkan, ''Obatilah penyakitmu dengan sedekah.''


Keempat, sedekah dapat menunda kematian dan memperpanjang umur.
Kata Rasulullah SAW, ''Perbanyaklah sedekah. Sebab, sedekah bisa memanjangkan umur.''
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar